Selasa, 01 Januari 2013

Penggunaan Software GeoGebra

Cara Menggambar Belah Ketupat dengan Menggunakan Lingkaran

Jajaran Genjang adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh 2 pasang rusuk yang sejajar dan sama panjang dengan pasangannya dan juga memiliki 2 pasang sudut yang sama besar dihadapannya dan sudut tersebut bukan sudut siku-siku. Jajaran Genjang yang sama sisinya disebut Belah Ketupat. Seperti judul saya diatas, kita akan membuat sebuah belah ketupat dengan menggunakan lingkaran.

  • Langkah pertama buka program GeoGebra anda dan kita langsung membuat sebuah lingkaran dengan titik awal di A ke B.

  •  Setelah lingkaran sudah anda buat sekarang gunakan Tool New Point dan buat sebuah titik D di garis lingkaran tersebut.

  • Hubungkan antara titik A dan titik B lalu titik A dan D menggunakan Tool Segment Between Two Point.

  • Setelah anda membuat garis AB dan AD sekarang kita akan membuat garis yang sejajar dengan garis AB dan sejajar dengan garis AD. Gunakan Tool Pararell Line dan klik pada garis AB dan klik titik D untuk menempatkan garis di B dan ulangi langkah tersebut untuk garis AD.





  • Selanjutnya kita akan membuat perpotongan garis di C dengan menggunakan Tool Intersect Two Objek dengan mengklik 2 garis yang anda buat sebelumnya tadi.





  • Langkah selanjutnya kita hubungkan titik D dengan titik C dan titik B dengan titik C menggunakan Tool Segment Between Two Point. Kemudian non-aktifkan objek garis d dan garis e. Sehingga menjadi gambar dibawah ini.



  • Langkah terakhir kita menon-aktifkan objek lingkaran dengan memilih toolbar aljabar yang ada di kolom sebelah kiri. Kemudian memberi nilai pada setiap sudut. (sudut A = sudut C & sudut B = sudut D).


SELAMAT MENCOBA....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar