Pertidaksamaan Linear dengan Graphmatica
Kelebihan dari software ini adalah mengetahui letak posisi (gambar) dari suatu persamaan ataupun pertidaksamaan linear, fungsi kuadrat dll dan ukurannya relatif kecil (di bawah satu megabyte) dan mudah digunakan.
Namun kekurangan yang terdapat pada sofware ini adalah untuk mengulang kesalahan "undo" tidak bisa dilakukan. sehingga harus benar-benar teliti dalam pengerjaan soal menggunkan software ini. Dan kekurangan yang lain adalah tidak bisa menggambar grafik fungsi trigonometri.
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menggambar menggunakan GRAPHMATICA, dengan pembahasan Persamaan Linear.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah, pastikan Program GRAPHMATICA ada dalam PC anda.
Inilah tampilan awal dari GRAPHMATICA.
2x – y ≤ 1
3x + y ≤ 14
x – 3y ≤ -2
x ≥ 0
y ≥ 0
- Input persamaan 2x – y ≤ 1. (2x–y>=1). Tanda ≤ dibalik menjadi '>=', karena Himpunan Penyelesaian yang kita cari adalah yang bukan di arsir.
- Lalu enter.
- Input persamaan 3x + y ≤ 14. (3x+y>=14).
- Lalu enter.
- Input persamaan x – 3y ≤ -2. (x–3y>=-2).
- Lalu enter.
- Input persamaan x ≥ 0. (x<=0).
- Lalu enter.
- Input persamaan y ≥ 0. (y<=0).
- Lalu enter.
Kemudian, beri nama. Klik Edit - Annotations (Ctrl+A). Lalu ketik 'A', lalu Place, letakkan pada titik perpotongan garis dimulai dari ujung kiri bawah. Lalu lakukan hal serupa untuk meletakkan titik B, C, D. Terakhir lakukan hal serupa, tetapi sekarang ketik 'HP'. Letakkan titik HP tersebut pada gambar yang tidak di arsir.
Hasil outputnya akan nampak seperti gambar dibawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar